Blog, Insight, Tips

Suka Menunda Pekerjaan? Jangan Sampai Jadi Kebiasaan!

Kebiasaan sering menunda-nunda pekerjaan atau tugas (procrastination) dapat terjadi di semua kalangan mulai dari mahasiswa, karyawan maupun orang tua. Ada beragam faktor yang menyebabkan procrastination sering terjadi. Alasan utama yang biasanya terjadi adalah seseorang belum siap dihadapkan dengan pekerjaan atau tugas tertentu. Hal yang sering ditemukan misalnya tidak tahu harus memulai darimana dahulu, sedang tidak mood, burnout, atau depresi.

Contoh yang sering terjadi ketika Anda memiliki tugas yang memiliki tenggat waktu minggu depan, namun karena batas pengumpulannya masih lama kemudian Anda beralasan menundanya dengan menonton film atau sekedar scrolling di media sosial terlebih dahulu. Hingga pada waktu yang sudah ditentukan Anda malah lupa dan akhirnya tugas tersebut tidak dikerjakan. Agar Anda tidak memiliki kebiasaan suka menunda pekerjaan, Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan atau tugas.

Membuat to do list

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar pekerjaan beserta tanggal deadline-nya. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan jangka waktu dalam pengerjaan tugas dan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Membuat deadline palsu

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah membuat deadline palsu. Hal ini berguna untuk menghindari rasa panik jika hasil pekerjaan masih belum sempurna namun ingin mengubahnya, Anda masih memiliki waktu untuk memperbaikinya ulang.

Mencicil pekerjaan

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan Anda secara bersamaan, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencicil sebagian terlebih dahulu. Anda dapat mencicil dari hal-hal terkecil seperti memahami bentuk tugas, apa yang dibutuhkan dan bagaimana kerangka kerjanya.

Memberi apresiasi atau self-reward

Setelah menyelesaikan tugas biasakan untuk memberi apresiasi pada diri sendiri dengan memberikan reward. Anda dapat melakukannya misal dengan makan di restoran enak, menonton film bersama sahabat, atau membeli barang yang diinginkan.

Bersikaplah tegas dengan diri sendiri

Selain empat hal di atas, Anda juga perlu tegas ke diri sendiri dengan berpikir bahwa jika tidak dilakukan maka Anda akan merugikan diri sendiri. Berpikirlah bahwa harus menyelesaikan tugas dengan cepat agar terasa lebih ringan dan tenang.

Apabila orang memiliki kebiasaan suka menunda suatu pekerjaan, hal tersebut akan berdampak buruk pada dirinya. Dampak yang dirasakan seperti menjauhkan kesempatan baik, tertinggal dalam karir, dan juga kehilangan waktu dan tujuan. Perlu disadari bahwa waktu tidak dapat diulang kembali, dan Anda hanya hidup satu kali. Jadi, gunakanlah waktumu sebaik mungkin dan jangan sampai kehilangan kesempatan emas karena kebiasaan menunda pekerjaan.

Baca Juga :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *