Blog, Insight

Pastikan Tubuh Tetap Bugar dengan Konsumsi Makanan Sehat Saat Sahur

Bulan puasa dikenal sebagai bulan yang penuh berkah. Dalam melaksanakan ibadah puasa, tubuh tentunya mengalami kebiasaan baru terutama pada pola makan. Pada saat puasa tubuh akan melakukan penyesuaian karena asupan makan yang masuk ke tubuh hanya dua kali sehari dalam jarak yang cukup lama. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tubuh Anda cukup mendapatkan asupan nutrisi termasuk kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh agar tetap kuat menjalankan ibadah puasa.

Selama berpuasa tentunya kita tidak hanya memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka, namun juga penting memperhatikan makanan untuk sahur agar nutrisi yang masuk menjadi seimbang dan tercukupi. Karena pada dasarnya menjaga nutrisi sangat penting untuk menjaga tubuh tetap produktif dan bertenaga dalam menjalankan aktivitas selama berpuasa. Rasulullah SAW menganjurkan sahur bukan tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan saat kita melakukan sahur, tubuh akan mengalami fase pencernaan dan penyerapan dalam tubuh yang berlangsung selama 3 hingga 5 jam, hal ini tergantung pada makanan yang Anda konsumsi. Kemudian dilanjut dengan fase pasca penyerapan sekitar 4 hingga 6 jam setelah makanan dikonsumsi dan fase peluruhan yang berlangsung sekitar 6 hingga 12 jam. Pada fase ini tubuh akan bergantung terhadap makanan yang Anda konsumsi pada saat sahur untuk dicerna kemudian dijadikan tenaga dan kekuatan untuk beraktivitas selama berpuasa.

Selain untuk kesehatan, sahur juga bermanfaat untuk menguatkan dan menambah rasa semangat saat berpuasa. Oleh karena itu sahur sangat penting dan sangat dianjurkan tentunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung nutrisi. Berikut beberapa contoh makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur:

Kurma

Tidak hanya bagus dikonsumsi ketika berbuka, buah kurma ternyata juga sangat baik dikonsumsi saat sahur karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat memenuhi asupan gizi harian. Buah kegemaran Rasulullah ini ternyata juga memiliki banyak manfaat seperti mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan menurunkan resiko kanker. 

Telur

Makanan yang satu ini juga dikenal sangat sehat karena kaya akan protein yang baik untuk pembentukan otot. Mengonsumsi telur saat sahur sangat dianjurkan karena dapat membuat Anda lebih bertenaga. Anda dapat memasaknya menjadi orak-arik, telur dadar, atau direbus kemudian ditambahkan dalam salad.

Buah-buahan dan sayuran

Mengonsumsi buah dan sayur tentu sangat dianjurkan ketika sahur karena kedua makanan tersebut memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi. Buah dan sayur akan membantu Anda tetap bugar dalam menjalankan aktivitas saat berpuasa. Buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur antara lain semangka, stroberi, selada, bayam, jeruk, dan juga tomat.

Oatmeal

Jika Anda bukan tipe orang yang makan nasi saat sahur, Anda dapat menggantinya dengan oatmeal karena makanan ini dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Makanan yang memiliki kadar serat tinggi dapat menambah rasa kenyang yang tahan lama dan tentunya sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sahur. Anda dapat mengonsumsi oatmeal dengan beberapa tambahan seperti dicampur dengan buah-buahan, susu, yogurt dan gula palem.

Jika Anda sudah menerapkan gaya sahur dengan sehat, alangkah baiknya untuk menghindari beberapa makanan seperti gorengan, makanan yang memiliki kadar gula tinggi, dan juga makanan pedas. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tersebut saat sahur karena dapat meningkatkan produksi asam lambung yang berlebih, rasa begah bahkan gangguan pencernaan. Hindari juga makanan yang terlalu pedas saat sahur karena dapat menimbulkan rasa haus yang berlebih dan juga mengganggu Anda dalam menjalankan ibadah puasa.

B

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *