Blog, Insight

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang penuh dengan berkah terutama pada malam Lailatul Qadar. Karena pada malam tersebut, Allah akan memberikan kemuliaan dan keutamaan malam Lailatul Qadar kepada setiap orang yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadahnya.

Secara Bahasa, laila atinya malam dan qadar sendiri memiliki tiga arti. Arti yang pertama adalah ketetapan, dimana malam Lailatul Qadar merupakan malam yang telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk turunnya Al-Qur’an yang merupakan keberkahan bagi umat manusia. Yang kedua berarti sempit, dalam artian bahwa pada malam tersebut ada banyak sekali malaikat yang turun ke bumi, sehingga membuat bumi seolah-olah menjadi sempit. Kemudian yang terakhir memiliki arti mulia yang mana pada malam tersebut menjadi malam diturunkannya Al-Qur’an. Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar terjadi, namun Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk bahwa malam Lailatul Qadar akan terjadi pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan meningkatkan kualitas ibadah serta melakukan amalan sunnah lainnya untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali hikmah pada malam Lailatul Qadar yang memberikan manfaat bagi kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Malam diturunkannya Al-Qur’an

Wahyu pertama diturunkan oleh Allah SWT pada bulan Ramadhan yang mana hingga saat ini menjadi tolak ukur turunnya agama Islam. Hal tersebut telah dituliskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 185 yang memiliki arti “Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an..” 

Malam yang lebih baik dari seribu bulan

Malam Lailatul Qadar sering diibaratkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini menjadi malam yang penuh kemuliaan karena diturunkannya Al-Qur’an dan hal tersebut menjadi petunjuk umat Islam dalam menjalani kehidupan. Di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali pelajaran serta hukum-hukum Allah yang wajib kita ketahui.

Peristiwa malaikat turun ke bumi

Bersamaan dengan turunnya Al-Qur’an, para malaikat juga turun ke bumi. Pada malam lailatul qadar, malaikat silih berganti turun ke bumi untuk mengajak umat manusia senantiasa berbuat kebaikan. Hal ini juga dijelaskan dalam surat Al-Qadr ayat 4 yang memiliki arti “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

Malam penuh berkah dan kedamaian

Allah SWT telah berfirman bahwa keberkahan dan kedamaian menjadi hikmah malam Lailatul Qadar. Ketika seseorang dapat bertemu dengan malam Lailatul Qadar, maka orang tersebut akan dipenuhi berkah dan kedamaian dalam hidupnya. Seseorang akan mudah melakukan hal baik dan akan selalu memperoleh kedamaian dalam setiap aktivitas yang dijalankannya. Selain itu, malam Lailatul Qadar juga memberikan kesejahteraan hingga terbit fajar.

Malam yang penuh dengan ampunan

Bila seseorang dapat menemui malam Lailatul Qadar, maka ia akan mendapat limpahan pengampunan dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Dari penjelasan tersebut, dijelaskan bahwa barang siapa yang bertemu dengan malam Lailatul Qadar tentu saja akan dilimpahkan rahmat dan keberkahan oleh Allah SWT dalam hidupnya, meskipun tidak ada seorangpun yang tahu kapan malam itu terjadi. Namun, kita dapat mengetahui ciri-ciri seseorang yang menemukan malam Lailatul Qadar seperti orang tersebut senantiasa akan merasakan kedamaian dan selalu terdorong melakukan kebaikan karena malaikat selalu bersamanya. Kebaikan tersebut dapat berupa membantu orang lain serta memberikan rasa damai kepada orang lain contohnya dengan melalui sedekah.

Baca Juga :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *